Senin, 01 Juni 2015

Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Advertisement
Amazing Sphere - Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Memiliki luas hingga 49.000 meter persegi yang membentang antara bagian Cina dan Mongolia, terdapat sebuah Gurun yang bernama Badain Jaran. Karena begitu luasnya, hingga menjadikannya sebagai gurun terbesar ketiga di Cina. Mungkin, mendengar namanya yang masih begitu asing, maka tidaklah aneh jika gurun ini tidak terlalu banyak yang mengetahuinya, terutama bagi orang-orang di luar Cina, namun gurun ini bisa dikenal dunia karena memiliki bukit pasir stasioner tertinggi di Bumi. Bahkan beberapa bukit pasir ini telah diukur memiliki ketinggian lebih dari 500 meter.

Gurun Badain Jaran beriklim sangat kering, dengan curah hujan tahunan antara 50 hingga 60 mm. Bahkan hampir 40 sampai 80 kali curah hujan mengalami penguapan sebelum akhirnya jatuh sebagai bentuk hujan. Namun, meskipun kondisinya kering, salah satu fitur yang sangat luar biasa ditemukan di gurun ini adalah adanya danau permanen. Danau-danau ini tersebar hingga 140 lebih danau yang terdapat di antara bukit-bukit pasir. Danau ini diberikan nama oleh orang-orang Mongolia yang berarti “danau misterius”.

Diyakini air danau misterius ini berasal dari mata air bawah tanah yang mengalir di bawah deposit kerikil dan muncul di antara bukit pasir, dimana deposit kerikil itu lambat laun menjadi halus lalu menyumbat aliran air sehingga terbentuklah danau. Sumber air lainnya berasal dari curah hujan dan pencairan salju di pegunungan yang berada pada jarak kilometer jauhnya dari gurun. Limpahan dari pegunungan ini mengalir melalui batuan retak kemudian melalui deposit kerikil di bawah gurun lalu muncul di tempat yang tersebar hingga terciptalah danau yang begitu banyak.

Baca Juga:

Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Meskipun menimbulkan mata air yang nampak segar, namun sebagian besar air danau ini terasa asin, hal ini terjadi karena adanya tingkat tinggi penguapan. Beberapa danau juga nampak berubah warna disebabkan adanya populasi besar ganggang, udang air garam dan mineral. Penguapan juga menyebabkan beberapa danau menjadi hypersaline yang membentuk kerak garam di tepian danau.

Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Ratusan Danau Misterius di Gurun Badain Jaran

Sebenarnya, danau air tawar memberikan rezeki hidup bagi unta, kambing dan kuda yang digiring oleh pengembara yang berjalan melalui gurun tersebut. Bahkan banyak vegetasi hijau yang tumbuh disekitar danau, sehingga memberikan suasana sejuk di gurun yang kering itu. Namun, dalam dekade terakhir ini, banyak danau yang menyusut kering dan menghilang, hal ini terjadi akibat pengurangan air tanah yang dibawa oleh irigasi, pengalihan air, urbanisasi, serta bertambahnya populasi.

Sumber Bacaan

36 komentar:

  1. unik sekali ya , di gurun bisa ada danau

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, enak bs buat ngadem ^_^

      Hapus
    2. Makanya disebut danau misterius

      Hapus
  2. dibalik keringnya kawasan tersebut masih ada keindahan.meskipun terlihat panas kayanya pemandangan tersebut bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bagus lg kalo ngeliat langsung mas... :D

      Hapus
  3. Wow, luar biasa sekali danaunya.. bening airnya ya

    BalasHapus
  4. itu sumber airnya dari mana ya..? apakah dari rumput? hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketahuan nih gak dibaca dari awal ampe akhir, kan udah dijelasin diatas..

      Hapus
  5. indah banget danaunya mas :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Danau ditengah gurun, seperti mustahil ya... mataair nya bagus banget. tapi sayang gersang tidak ada tumbuhan, padahal ada sumber air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumbuhannya disekitar danau aja sob.. airnya asin sih

      Hapus
  8. Ini sungguh luar biasa, mungkin juga keajaiban karena ada danau sebesar itu di tengah-tengah gurun... indah pula di pandang dari atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, sayangnya gak ada water boomnya, hehe...

      Hapus
  9. Wow..gurun itu dahsyat bingit ya..aku pengen banget ke gurun sambil nyanyi lagu India, kayak video klipnya Shahrul khan sama Kajol, hihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa jd ngelamunnya sampe ke India mbak... hehe :)

      Hapus
  10. Balasan
    1. Tp kalo benerannya panas mbak... :)
      kan gurun..

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. danau di tengah gurun. Subhanalloh. luarbiasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mang Aduls, lebih dari luar biasa... ^_^

      Hapus
  13. Lihat gambar pertama berasa pengen nyemplung... bikin kesan kerong gurun jadi segerr^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eit main nyemplung aja, gak tau ya byk buayanya, hehehe...
      buaya darat maksudku... hihihi

      Hapus
  14. Luar biasa indahnya, saya sampai takjub melihat fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu baru fotonya, kalo benerannya bengong kali ya mbak

      Hapus
  15. danau nya indah dan unix namun sayang makin lama ternyata danaunya makin menyusut yah hmmm .. sayang sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jumlahnya juga semakin berkurang, namanya jg di gurun mas... gak kuat lama, coba danaunya di pelur ama semen, mungkin lama kali ya... haha

      Hapus
  16. Baru tahu ada danau di tengah gurun sob.. Subhanalloh... :) Amazing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo duit tengah gurun udh tau blm mas? mudah2an blm tau, biar ane ambil duluan duitnya, hihihi... :)

      Hapus
  17. itu yang bikin rumah di situ tepat ya. harusnya plus buka penginapan, restoran, moll wah pasti sukses tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian aja mas, bikin kota, biar tambah rame lagi... haha.. :D

      Hapus
  18. Siiip menambah pengetahuan

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus