Senin, 26 Mei 2014

Gigi Mengerikan Si Anjing Laut Crabeater

Advertisement
Amazing Sphere - Anjing laut Crabeater, atau dalam bahasa latin Lobodon carcinophaga merupakan spesies yang paling banyak terlihat disepanjang dataran es yang mengelilingi Antartika. Jika diartikan dari nama belakang mereka, Crabeater itu berarti pemakan kepiting. Pasti semua orang berpikir demikian. Akan tetapi tidak seperti yang kalian pikir bahwa anjing laut tersebut benar-benar memakan kepiting. Tentu tidak. Mereka malah kebanyakan lebih memilih memangsa udang-udang krill antartika.

Dengan memiliki struktur gigi yang kompleks, bentuk gigi yang bergerigi dengan beberapa katup sehingga memudahkan mereka dalam memisahkan udang krill dari air laut. Biasanya struktur gigi yang demikian dikenal dengan nama ilmiah Lobodon. Sedangkan nama carcinophaga sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu karkinos yang berarti kepiting dan phagein yang berarti makan.

gigi seal
sumber gambar

gigi seal-2
sumber gambar

gigi seal-3
sumber gambar

gigi seal-4
sumber gambar

gigi seal-5
sumber gambar

Saat mencari makan, anjing laut ini akan berenang dengan posisi mulut mereka yang terbuka, sehingga dengan begitu akan banyak udang-udang krill yang terjebak masuk ke dalam rongga mulut mereka. Mereka pun segera menutup rahang serta menyaring air dengan menggunakan gigi mereka yang unik. Kesenjangan antara gigi dan bagian rahang belakang bisa membuat mangsa yang terjebak tidak mudah melarikan diri dari dalam mulut mereka. Meskipun posisi mereka sedang memberi makan anak-anaknya.

udang krill antartika
Udang Krill - sumber gambar

Anjing laut dewasa bisa tumbuh melebihi dua meter serta memiliki berat sekitar 200 kg. Namun ada juga anjing laut terbesar yang mencapai berat hingga lebih dari 300 kg. Hal ini tergantung dari pola makan mereka setiap harinya yang mayoritas 90 persen hanya mengkonsumsi udang-udang krill antartika saja. Perlu dicatat, udang krill merupakan satu-satunya spesies di palanet ini yang memiliki biomassa terbesar. Maka tidak heran jika anjing laut bisa tumbuh dengan bobot seberat itu.



Sumber: Amusing Planet

0 komentar:

Poskan Komentar