Minggu, 25 Mei 2014

Tianmen Shan, Gerbang Surga Di China

Advertisement
Amazing Sphere - Terletak sekitar 8 kilometer sebelah Selatan kota Zhangjiajie ada sebuah gua hasil karya alam, yang membuat gua ini unik karena gua ini seolah melubangi gunung dan membentuk sebuah pintu gerbang raksasa. Orang-orang di provinsi Hunan menamai gua ini sebagai "Gerbang Surga" ataupun terkenal juga dengan nama Tianmen Shan.

Tianmen Shan memang merupakan sebuah gua yang terbentuk dari lengkungan alam yang luar biasa. Seperti yang tertulis dalam sejarah, gua lengkungan Tianmen Shan ini terbentuk pada periode "Three Kingdoms" China. Dilaporkan bahwa telah terjadi sebuah bencana besar yang mengakibatkan gunung itu menjadi runtuh terkikis sehingga membuat lubang yang besar. Akan tetapi usia gua ini sendiri belum diketahui secara jelas.

Untuk sampai ke lokasi gua ini, kita harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, diawali dari kota Zhangjiajie dengan menumpang cableway yang terpanjang di dunia, dengan panjang 7,5 km, kemudian disambung dengan naik bus sepanjang 11 km yang menempuh jalanan berkelok-kelok dengan jumlah tikungan sebanyak 99 tikungan. Tidak berhenti sampai disitu, kita juga melanjutkannya dengan berjalan kaki hingga sampai ke puncak gunung tepat di pintu gerbang gua raksasa itu. Yang menarik dari perjalanan kaki ini adalah jumlah anak tangga yang harus kita lalui itu sebanyak 999 buah. Ketika sampai di atas, kita akan bisa melihat dengan jelas lubang gua yang terbentuk oleh alam ini, tinggi gua sendiri sekitar 130 meter dan lebarnya 57 meter. Ini merupakan gua alam yang paling menakjubkan.

Tianmen Shan
sumber gambar

Tianmen Shan-2
sumber gambar

Tianmen Shan-3
sumber gambar

Tianmen Shan-4
sumber gambar

Saat ini, gua Tianmen Shan tersebut seringkali dijadikan target oleh pesawat terbang dalam berbagai atraksi. Karena letaknya yang tidak jauh dari bandara Zhangjiajie, serta ukuran lubangnya yang besar, maka tim akrobatik pesawat memanfaatkannya untuk berlatih terbang menembus lubang gua itu. Pastinya hal ini akan menjadi tontonan yang menarik.




Sumber: Amusing Planet


8 komentar:

  1. masih pertamax ini
    blog barunya ini memang oke mas
    semoga blognya sukses ya

    BalasHapus
  2. luarrr biasa...menakjubkan mas

    BalasHapus
  3. di dunia bloging juga ada rekreasinya juga ya... soale (tentang aku) kalau artikel yang kubaca itu bernuansa alam / keindahan seolah-olah aku merasa terhibur ketika membacanya.
    kalau boleh aku request sob, kapan2 dan kalau ada "share artikel tentang barang yang antik2 tapi sejenis furniture yaaaa"
    oke sob, nice post.. jadi pinngin kesana aku sob.

    BalasHapus
  4. @Thanjawa Arif
    makasih mas Arif.. blognya msh sepi mas.. :D

    @Devy Indriyani
    iya mbak seperti sengaja dibuat ya, lubangnya rapih

    @Qiqi jho
    oke sob, nanti aku usahakan... :D selama masuk ke dlm tema akan aku bahas kok, temanya kan semua hal yg menakjubkan.

    BalasHapus
  5. asal gak runtuh aja bagian atasnya tuh, ngeri juga ngliatnya

    BalasHapus
  6. wow, saya baru tau, menakjubkan sekali ya.. kalodekat sih mau main deh

    BalasHapus
  7. serius nih 999 tangga? siap2 tenaga nih kalau mau berkunjung kesana :)

    BalasHapus
  8. itu alami ngebentuk sendiri, ciptaan allah swt, subhanallah..

    BalasHapus

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.