Jumat, 23 Mei 2014

Gundukan Tanah Berbentuk Ular Di Taman Ohio

Advertisement
Amazing Sphere - Ada gundukan tanah yang berasal dari jaman prasejarah ditemukan di bukit-bukit Ohio. Gundukan itu membentuk seperti seekor ular raksasa. Entah siapa yang membuatnya. Bentuk formasi gundukan tanah sangat beragam namun menyatu. Jika dilihat dari atas maka akan menyerupai seekor ular yang sedang meliuk-liukkan tubuhnya. Ular itu seperti membujur dari bukit Ohio Selatan hingga menghadap ke sebuah selat yang disebut Brush Creek. Jika diukur panjangnya sekitar 1.370 kaki, dengan tinggi gundukan bervariasi ada yang kurang dari satu kaki atau 3 meter.

Diyakini, gundukan tanah itu dibuat oleh kebudayaan Adena yang tinggal di lembah Ohio sekitar 800 SM sampai 100 M. Suku Adena memang sudah terkenal dengan keahlian mereka dalam hal pengerjaan struktur tanah yang rumit, dimana pekerjaan itu menyangkut kepercayaan mereka terhadap dewa-dewa suci kosmologi mereka. Sayangnya tidak ditemukan artefak apapun yang berkaitan dengan kebudayaan Adena dalam gundukan tanah itu. Bahkan studi baru mengatakan, gundukan tanah itu sebenarnya terbentuk di waktu sesudah kebudayaan Adena. Hingga hal ini mulai menghubungkannya dengan keberadaan Budaya Kota Kuno, yang mendiami wilayah itu sekitar 1000 sampai 1550 M. Diduga gundukan tanah itu berhubungan dengan upacara penguburan orang-orang Kota Kuno. Ataukah mungkin dalam gundukan itu ada orang mati? Namun, masih ada keraguan juga mengenai hal ini.

ular raksasa
sumber gambar

ular raksasa-2
sumber gambar

ular raksasa-3
sumber gambar

Ada banyak pendapat mengenai keberadaan gundukan tanah ular itu. Diantara mereka berpikir mungkin saja gundukan tanah itu menggambarkan seekor ular dengan mulutnya yang terbuka dan terdapat bagian lingkaran dalam mulutnya. Kemungkinan saja lingkaran itu mewakilkan simbol matahari ataupun bulan. Apalagi melihat posisinya yang menghadap sejajar dengan arah matahari terbenam pada titik balik matahari di musim panas. Ular juga merupakan fitur umum dalam seni Periode Prasejarah Akhir (900 - 1650 M). Maka akhirnya disimpulkan gundukan tanah ini memiliki hubungan erat dengan seremonial.

Gundukan tanah ular raksasa ini telah ditetapkan sebagai Peninggalan Sejarah Nasional oleh Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat, serta dilindungi dan dipelihara dalam sebuah taman oleh Lembaga Sejarah Ohio.



Sumber: Amusing Planet

1 komentar: