Rabu, 28 Januari 2015

Fenomena Alam "Mata Dewa" di Gua Prohodna, Bulgaria

Advertisement
Amazing Sphere - Gua Prohodna adalah salah satu gua yang paling terkenal dan mudah diakses di Bulgaria. Gua ini terletak 2 km dari Desa Karlukovo dan 112 km dari Sofia.

Gua Prohodna merupakan jembatan batu alami dengan panjang 262 m. Gua ini memiliki dua pintu masuk, yang besar dan yang kecil. Sebuah jalan mulai dari pintu masuk kecil dengan tinggi sekitar 35 meter melintasi gua dan keluar melalui pintu besar (pintu ini merupakan lengkungan gua terbesar di Bulgaria yaitu 45 meter).

Gua alami Prohodna akan nampak terang menyala berkat pintu masuk yang besar dan lubang-lubang alami gua yang ada di langit-langit. Lubang gua ini justru yang membuat gua Prohodna menjadi unik. Misalnya dua buah lubang yang ada di langit-langit. Dua lubang tersebut akan terlihat mirip seperti sepasang "Mata Dewa" yang seolah-olah menatap para pengunjung. Hal ini tidak secara kebetulan bahwa masyarakat setempat juga kadang-kadang merujuk kepada lubang tersebut menyebutnya sebagai Mata Tuhan atau Mata Iblis.

Fenomena Alam Mata Dewa di Gua Prohodna, Bulgaria

Dilihat dari sudut tertentu, memang menyerupai wajah yang melihat ke bawah, dan ketika basah tampak seolah-olah mereka "menangis". Orang-orang yang menyaksikan fenomena alam ini heran dan sedikit penasaran, simetri yang luar biasa dan lokasi dari lubang gua mengisi satu dengan kekaguman dan rasa mistik. Gua dinyatakan sebagai tengara alam pada tahun 1962. Beberapa film Bulgaria dan film asing pernah dibuat di sana. Salah satunya adalah film Time of Violence (1987).

Fenomena Alam Mata Dewa di Gua Prohodna, Bulgaria

Fenomena Alam Mata Dewa di Gua Prohodna, Bulgaria

Gua ini juga sering dijadikan sebagai ajang lompat bungee, yang diatur dari pintu masuk besar. Gua Prohodna merupakan tujuan populer bagi para pendaki. Sebab, ada jalur pemanjatan olahraga yang dibagi menjadi beberapa sektor. Tingkat kesulitan bervariasi, tetapi beberapa dari mereka dianggap yang paling sulit di Bulgaria.

Baca Juga:

Pengunjung juga bisa mendekati gua dari bangunan kantor Peter Tranteev Nasional Speleological Society. Sebuah jalan mulai dari gedung kantor masyarakat mengarah ke pintu masuk besar gua. Gedung kantor Speleological Society memiliki lokasi yang unik. Gedung itu dibangun di celah batu dan terlihat seperti kelelawar jika dilihat dari atas. Batu itu sendiri membuat beberapa dinding bangunan. Gedung kantor Speleological Society menawarkan pemandangan lembah Sungai Iskar dan Gua Prohodna.

Fenomena Alam Mata Dewa di Gua Prohodna, Bulgaria

Fenomena Alam Mata Dewa di Gua Prohodna, Bulgaria

Fenomena Alam Mata Dewa di Gua Prohodna, Bulgaria

Akomodasi tersedia di asrama gunung, tetapi pengunjung disarankan untuk membuat reservasi terlebih dahulu. Ada persimpangan di Lukovit, yaitu jalan Karlukovo yang menuju kantor Speleological Society.

Bangunan kantor Peter Tranteev Nasional Speleological Society dan Gua Prohodna termasuk dalam daftar 100 lokasi wisata di Bulgaria. Gua ini terbuka bagi wisatawan sepanjang tahun. Sebuah panduan tidak diperlukan disini. Pada hari-hari musim dingin pengunjung disarankan untuk berhati-hati, sebab banyak es besar terbentuk di langit-langit dan di sekitar lubang gua serta permukaan yang teramat licin.




Sumber: Bulgariatravel


4 komentar:

  1. fenomena alam yang sangat luarbiasa,Alloh menciptakan kejadian ini mungkin hendak mengingatkan pada kita semua bahwasanya Alloh itu maha kuasa atas segala sesuatu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan kang Dede ^_^
      memahami segala yang terjadi di dunia ini, akan semakin membuat kita merasa kagum dgn hasil ciptaan-Nya
      kpn mau main kesana kang Dede? ajak-ajak ya

      Hapus
  2. Kayaknya kalau berkunjung pas malam hari dan bulan purnama bakalan dapet banget deh suasana mata dewanya :) Tapi emang itu dibuka kunjungan untuk malam harikah mas Wahyu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa itu mas Wahyu? kang Arief salah sebut ya, hihihi... lupa ama ane ya kang? :D
      malam hari juga dibuka kali kang, buktinya ada yg motret tuh diatas

      Hapus

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.