Sabtu, 12 Juli 2014

Krubera Cave, Gua Paling Terdalam di Dunia

Advertisement
Amazing Sphere - Bagi para penyuka tantangan, gua Krubera Cave adalah tujuan yang paling populer di dunia, dikarenakan gua ini merupakan gua yang terdalam di dunia yang pernah ada di muka Bumi. Krubera Cave yang terkenal juga dengan sebutan Voronya Cave ini terletak di Arabika Massif, salah satu gunung kapur tertinggi dan terbesar di wilayah Kaukasus Barat Georgia. Gunung ini memiliki banyak gua yang terbentuk dan jumlahnya meingkat ratusan sejak lebih dari lima juta tahun yang lalu. Diantara gua-gua yang terbentuk itu, ada lima gua yang memiliki kedalaman lebih dari 1.000 meter, dan gua Krubera merupakan yang terdalam, dengan kedalaman 2.197 meter.

Krubera Cave merupakan gua yang paling unik serta memiliki ruang dan lorong-lorong gua yang panjang, panjangnya jika ditelusuri sekitar 16.068 meter. Semua lorong-lorong dan ruangan itu saling berhubungan satu sama lain. Terkadang, kita menemui ruang yang begitu sempit sehingga harus dibuatkan jalan bantu secara manual agar perjalanan menelusuri gua ini menjadi aman. Sedangkan pintu masuk ke Krubera Cave ini juga memang sempit, berada pada ketinggian 2.256 meter, sehingga dibutuhkan tali yang panjang untuk turun ke bawah, dan tentunya harus berhati-hati serta mengandung resiko bahaya yang bisa mengancam nyawa. Akan tetapi, disisi lain kita juga akan menemui lorong yang lebih besar seperti terowongan kereta bawah tanah. Sangat menakjubkan.

Krubera Cave

Krubera Cave

Krubera Cave

Krubera Cave

Tepat di kedalaman 200 meter, gua ini terbagi menjadi dua cabang utama, yaitu Non-Kuybyshevskaya yang dijelajahi pada tahun 2008 memiliki kedalaman 1.293 meter. Sedangkan cabang kedua diberi nama Main memiliki kedalaman 2.197 meter. Sementara itu, di kedalaman 1.300 meter, gua ini akan berlanjut terbagi lagi menjadi banyak cabang. Benar-benar Anda akan dibuat terpana bahkan kebingungan jika belum terbiasa menelusuri gua terdalam ini. Untuk itu dibutuhkan kerjasama tim yang benar-benar solid.

Krubera Cave

Krubera Cave

Krubera Cave

Krubera Cave

Krubera Cave

Krubera Cave

Saat tim speleologis mulai menjelajahi gua ini pertama kali, ada salah satu tantangan kesulitan terbesar yang mereka hadapi, yaitu keadaan dimana air datang membanjiri terowongan. Maka selain peralatan pendakian dan penelusuran gua, kita juga harus membawa peralatan menyelam, hal ini untuk mengantisipasi datangnya aliran air yang membanjiri lorong gua. Salah satu genangan air bahkan memiliki kedalaman 52 meter, dan ini yang terdalam yang pernah diselami oleh tim penjelajah gua.

Nah, bagaimana, apakah Anda tertantang untuk menjelajahi gua terdalam ini?




Sumber: Amusing Planet, Foto: Avaxnews

18 komentar:

  1. Waw.. gimana yaa kalo jatuhh ih ngeri amattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo jatuh ya kebawah sob, hehe :)

      Hapus
  2. Indah banget ya goanya, apalagi tempatnya sangat dalam.

    Salam

    BalasHapus
  3. ih serem liatnya juga harus masuk kedalam dengan susah gitu ,haha
    saya kalau kesana mau liat dari atas aja ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo diatasnya ada buaya gimana tuh?

      Hapus
  4. kirain di cirebon, gak taunya jauh di sono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di cirebon juga ada mas, tuh sumur tetangga, haha :D

      Hapus
    2. gila, sumur aja 20 meter udah dalam banget, lah ini 2197 meter,

      gimana rasanya yia kalau liat langsung dari atas, jadi penasaran nih,...

      Hapus
    3. @Comtell Cell:
      Kalo mau tau rasanya jgn cm dari atas sob, nyemplung langsung kebawah, hehe.. :) biar gak penasaran

      Hapus
  5. ngliat dari fotonya ngeri juga sih.. tapi bikin penasaran, pemandangan dibawahnya ckp bagus juga tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mbak, gak cukup kalo ngliat fotonya doank

      Hapus
  6. wow wow wow....itu gua kok vertikal ya ya. melihat gambar-gambarnya saja sudah cukup membuat saya kagum, apalagi bila ada kesempatan mengunjunginya langsung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. unik ya sob, seharusnya sebutannya bukan gua ya sob, tp sumur... hehe... :D

      Hapus
  7. terdalam, terpanjang, dan ..... terseram kali sob... :)

    BalasHapus
  8. wah krubera cave ini memang ajib bgt, ekspektasinya sangat besar dr gua lainnya... kalau di indonesia juga ada dan tak kalah mantab, gua pindul :D

    BalasHapus
  9. kayanya asik yaa gan buat jalan2 kesana hehe

    BalasHapus
  10. wawwww indahnyaaa :) tapi kayaknyacape juga yah turunnya 2000 Meter gila haha

    BalasHapus