Kamis, 05 Juni 2014

Rumah Tebing dan Gua Lez Eyzies de Tayac, Perancis

Advertisement
Amazing Sphere - Terletak di sebelah barat daya Perancis, tepatnya di wilayah Dordogne, terdapat sebuah kota unik yang memenuhi bagian bawah tebing batu kapur. Kota itu bernama Lez Eyzies de Tayac. Rumah-rumah di kota ini nampaknya dibangun menyatu dengan tebing. Bahkan di tebing itu juga ditemukan banyak gua-gua. Konon katanya gua-gua itu merupakan tempat tinggalnya para pendeta.

Menurut sejarah, pada tahun 1868, di wilayah ini pernah dibangun rel kereta api. Dan selama masa pembangunan rel kereta api tersebut, secara tidak sengaja menemukan sebuah rumah batu yang ternyata di dalamnya berisi kerangka pertama manusia prasejarah Homo Sapiens pada awal Era Paleolitikum, yang terkenal dengan nama manusia Cro-Magnons. Ternyata, bukan hanya ada satu rumah batu saja, melainkan banyak gua-gua prasejarah lainnya yang ditemukan di wilayah Lez Eyzies ini. Dan ini merupakan penemuan arkeologi paling penting dari Era Paleolitikum (40.000 - 10.000 tahun yang lalu) serta Era Paleolitikum Pertengahan (200.000 - 40.000 tahun yang lalu). Penemuan ini bukan hanya kerangka saja, melainkan ditemukan juga peralatan, perhiasan, dan gambar dinding hasil karya manusia prasejarah.

Lez Eyzies
sumber gambar

Lez Eyzies2
sumber gambar

Lez Eyzies3
sumber gambar

Lez Eyzies4
sumber gambar

Lez Eyzies5
sumber gambar

Selama abad ke-8 dan ke-9, Lez Eyzies kemungkinan merupakan dusun kecil yang memiliki jumlah penduduk padat, kepercayaan yang mereka anut saat itu adalah agama Tayac, seperti yang ditunjukan oleh banyaknya tempat tinggal para pendeta serta bangunan-bangunan rumah tebing yang dibangun nampak menyatu dengan tebing. Mungkin orang akan bertanya, bagaimana cara mereka membuatnya? Seolah-olah tebing batu kapur itu dengan mudahnya dibentuk menjadi rumah-rumah gua untuk ditinggali. Bahkan gua itu berada dibagian tebing yang tinggi sekalipun. Sulit dipercaya, bagaimana mereka membuatnya?

Lez Eyzies6
sumber gambar

Lez Eyzies7
sumber gambar

Lez Eyzies8
sumber gambar

Lez Eyzies9
sumber gambar

Lez Eyzies10
sumber gambar

Lez Eyzies11
sumber gambar

Lez Eyzies sekarang merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para turis hampir setiap tahunnya. Mereka tertarik ingin melihat keindahan serta keunikan rumah-rumah tebing itu juga gua-gua prasejarah yang semuanya berjumlah sekitar 150 situs prasejarah dan sebanyak 25 gua-gua yang penuh hiasan. Itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat itu. Apalagi dengan semakin banyaknya bangunan seperti cafe, restoran, juga bar.

Akan tetapi, tidak semua situs prasejarah dibuka untuk umum, diantaranya ada juga yang sengaja tidak dibuka untuk umum demi menjaga kelestariannya.

Hmm, siapa yang tertarik ingin melihat kerangka manusia Cro-Magnons? Kunjungi saja Lez Eyzies di Perancis... ^_^




Sumber: Amusing Planet


3 komentar:

  1. wow... sangat menakjubkan sekali yia bos...

    kalo boleh, request yang dari indonesia yia bos...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. sungguh sangat menakjubkan, salam

    BalasHapus

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.