Minggu, 01 Juni 2014

Taman Tropis Dalam Stasiun Kereta Api Atocha Di Madrid, Spanyol

Advertisement
Amazing Sphere - Dari sekian banyak stasiun kereta api yang saya lihat, mungkin hanya stasiun kereta api Atocha di Madrid yang memiliki tampilan berbeda dan istimewa. Mengapa demikian? Selain stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Madrid, juga di dalam stasiun ini, diberikan area lahan khusus dengan luas 4.000 meter persegi untuk ditempatkan sebagai taman tropis yang menakjubkan.

Taman tersebut ditumbuhi lebih dari 7.000 tanaman serta memiliki 260 spesies yang berbeda, semuanya diatur dan ditata sedemikian rupa dari mulai jenis tanaman yang tinggi besar hingga tanaman yang kecil, sehingga membentuk sebuah taman yang indah serta memberikan kenyamanan bagi calon para penumpang kereta. Apalagi dilengkapi dengan adanya kolam yang berisikan 22 spesies ikan dan kura-kura. Maka lengkaplah sudah panorama hutan tropis di dalam stasiun kereta api tersebut.

stasiun Atocha
sumber gambar

stasiun Atocha-2
sumber gambar

stasiun Atocha-3
sumber gambar

stasiun Atocha-4
sumber gambar

stasiun Atocha-5
sumber gambar

stasiun Atocha-6
sumber gambar

Melihat dari bentuk atap stasiun sendiri yang melengkung, memberikas kesan sebuah rumah kaca. Stasiun ini memang sudah sejak pertama kali diresmikan pada tahun 1851 memiliki bentuk seperti itu, namun belum semegah ini tentunya. Meskipun sempat mengalami kebakaran dan rusak ditelan api pada tahun 1892, namun stasiun ini direnovasi kembali tahun 1992 hingga mengalami berbagai perubahan bentuk. Bentuk aslinya yang pertama kali dibangun berubah fungsi tidak hanya dijadikan sebagai tempat layanan terminal saja melainkan menjadi kumpulan toko-toko, kafe, juga klub malam, melengkapi megahnya rumah kaca tersebut.

stasiun Atocha-7
sumber gambar

stasiun Atocha-8
sumber gambar

Hmm, bisa betah berlama-lama disitu, apalagi kalo musim panas. Asalkan jangan terlena saja, nanti bisa-bisa ketinggalan kereta tuh... hehe... ^_^




Sumber: Amusing Planet

10 komentar:

  1. kira-kira kapan ya indonesia bisa membangun taman seindah ini didalam stasiun? hehehe...

    BalasHapus
  2. @comtel cell
    nanti sob, kalo yg jd presidennya saya, hahaha :D

    BalasHapus
  3. wah, bnr2 kayak dihutan ya sob jadinya

    BalasHapus
  4. luar biasa ada taman dalam area stasiun, jadi penumpang tidak jenuh lagi neh apabila keberangkatan terlambat,,hehe

    BalasHapus
  5. Kalau bandingin dengan stasiun di Indonesia kayaknya ketinggalan jauh keindahannya, tapi ya kita masih bangga karena jalur kereta apinya masih panjang kita daripada spanyol meski sering bikin anjlok kereta hehe :)

    BalasHapus
  6. di spanyo ternyata ada daun pisang juga yah ^_^

    btw itu kayak diindonesia banget

    BalasHapus
  7. done follow u #16..tq.. nice entry :)
    my latest >>> http://firohar.blogspot.com/2014/05/aku-bersama-cuti-ku.html

    BalasHapus
  8. @Obat Tradisional
    hehe, iya mbak, berasa dihutan :) untung gak ada monyetnya

    @Devy Indriyani
    tp kasihan jg kalo ternyata gara2 keasikan liat taman, ketinggalan kereta

    @Arief W.S
    bnr bgt sob, yg jls bangga dgn hasil karya bangsa sendiri donk :D

    @Fujianto Chikafe
    ya ada toh sob, cm jenis pisangnya lain kali..

    @Siti fironika
    terima kasih.. :D

    BalasHapus
  9. kereeen abis deh ^_^)b gak bs ngungkapin kata2 lainnya, lebih jlsnya sih pasti sejuk dan adem tuh suasananya

    BalasHapus
  10. Yuk daftar, main-main b0l4 disini f*a*n*s*b*e*t*t*i*n*g :)

    BalasHapus