Sabtu, 28 Juni 2014

Casa Mila "La Pedrera", Bangunan Unik di Barcelona, Spanyol

Advertisement
Amazing Sphere - Casa Mila adalah nama sebuah bangunan tinggi megah yang terdapat di Barcelona, bangunan ini memiliki kesan bentuk arsitektur yang modern. Padahal bangunan ini dibuat sekitar tahun 1906 sampai 1912 oleh seorang arsitektur yang bernama Antoni Gaudi. Casa Mila terkenal juga dengan sebutan "La Pedrera", yang bermakna tambang, hal ini terlihat jelas dari bentuk bangunan yang memang unik, bentuknya yang tidak biasa jika dilihat seperti batu yang bergelombang layaknya sebuah batu tunggal yang langsung dipotong membentuk balkon gua. Memberikan sebuah kemegahan tersendiri. Bahkan, Antoni Gaudi merancang Casa Mila tanpa bantalan berat dinding, namun ia malah menggunakan baja, lengkungan dan pilar dengan bentuk yang tidak teratur.

Arsitektur bangunan ini dianggap sebagai sebuah karya yang inovatif, namun tidak sedikit juga yang memberikan kritikan serta ejekan. Bahkan pemerintah daerah sendiri mengungkapkan keberatan serta memberikan denda kepada pemiliknya, sebab bangunan itu telah melanggar kode bangunan.

Casa Mila
sumber gambar

Casa Mila
sumber gambar

Casa Mila

Casa Mila
sumber gambar

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, justru Casa Mila mulai digunakan untuk banyak hal, dan menjadikannya sebagai markas FundaciĆ³ Catalunya-La Pedrera serta menjadi pusat kebudayaan yang merupakan titik referensi di Barcelona, yang selalu menghadirkan berbagai kegiatan seperti pameran budaya serta kegiatan publik lainnya. Hingga pada tahun 1984, Casa Mila resmi dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Dan menjadikan La Pedrera ini sebuah karya paling terkenal dari Antoni Gaudi, juga sebagai simbol dari Barcelona. Menakjubkan!

Casa Mila
sumber gambar

Casa Mila
sumber gambar

Casa Mila
sumber gambar

Casa Mila
sumber gambar

Casa Mila
sumber gambar

Bangunan La Pedrera terdiri dari suksesi dinding batu di bagian luar, sedangkan bagian interiornya memiliki dua halaman yang dicat, kolom-kolom dan berbagai ruangan. Ada jendela besar dan balkon besi yang diseting bergelombang. Di bagian lantai atas dihiasi dengan perabotan yang berasal dari awal abad ke-20. Semua apartemen dirancang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Sementara itu dibagian atap, ada cerobong asap yang bentuknya menyerupai makhluk surealistik, patung ini dibentuk dan dibuatnya sendiri. Hal ini membuat Casa Mila menjadi bangunan tertinggi di Paseo de Gracia. Jika kita berada di atapnya, maka kita bisa melihat pemandangan indah dari kabupaten dan pusat kota Barcelona.




Sumber: Amusing Planet

18 komentar:

  1. asli Ishmah baru tahu ttg la pedrera dan bangunan ini baguss banget!
    Antonio Gaudi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan Antonio Ishmah, tp Antoni, hehe :)

      Hapus
  2. waw.. keren banget gan..
    sampek sampek saya pusing liat nya hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pusing ya sob? pasti ngliat gambar yg bawah ya?

      Hapus
  3. ajibbb,,,,jaibbb,,,buanget sob....baru liat gambarnya aja sudah pusing sob apalagi kesana ya pusing lagi cari ongkosnya...heeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaha... mau yg gratisan ya sob? gampang sob, ngumpet aja dibagasi pesawat tuh.. ^_^

      Hapus
  4. mantab bangunan la pedrera, coba kalau ada di negeri ini pasti saya kunjungi tuh eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mang Yono, sekalian ngabuburit ya disitu :D

      Hapus
  5. Wahahaha... unik banget. tapi aku kok agak geli ya lihatnya. hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya geli lihat yang kayak botol2 itu lhoo.. yang nomor 2 dari bawah pol. hehehe :D

      Hapus
    2. namanya kreatif itu sob :)

      Hapus
  6. bnr bnr unik ya mas, ada patung yg seperti kepala aliennya tuh..

    BalasHapus
  7. wah, arsiternya hebat ya sob, meskipun bangunannya tanpa bantalan berat dinding tp begitu besarnya kok kuat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan arsiter mas, arsitek kali... hehe.. :)

      Hapus
  8. salut, tdnya byk yg ngejek, malah jd tempat penting ya sob?

    BalasHapus
  9. cakep bangeeet, karya arsitektur Antoni Gaudi
    spanyol selalu mempesona

    BalasHapus