Jumat, 23 Mei 2014

Pameran Mosaiculture Seni Hortikultura Paling Bergengsi

Advertisement
Amazing Sphere - Pada musim panas tahun lalu, sebuah ajang pameran Mosaiculture paling bergengsi telah sukses dilaksanakan di Kanada. Pameran yang berlokasi di Montreal Botanical Garden Quebec ini merupakan pameran yang menyajikan kreatifitas seni hortikultura paling menakjubkan. Lebih dari 3 juta bunga dibesarkan dalam rumah kaca di seluruh wilayah Quebec, lalu bunga-bunga itu akan dikirim ke kebun tepat pada bulan Mei, dimana para desainer teah siap menciptakan karya seni hidup dari bunga-bunga tersebut. Dengan menggunakan peralatan jerat dari baja, mereka akan bersaing membuat kreasi seni yang mengagumkan.

Umumnya, tanaman-tanaman bunga itu akan dibentuk menjadi beraneka ragam bentuk patung. Dengan menggunakan kawat baja serta logam aluminium, mereka akan membungkus serta mengikat lalu membentuknya menjadi patung-patung unik yang terbuat dari tanaman bunga hidup. Warna yang dihasilkan merupakan perpaduan warna dari dedaunan juga warna bunga yang beraneka ragam. Tentunya hal ini membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan sistem penyiraman yang teratur, agar media tumbuh bisa menjadi tempat yang baik untuk tanaman dapat berbunga sepanjang musim panas. Setidaknya sampai pameran itu berakhir, tanggal 29 September.

pameran
sumber gambar

pameran-2
sumber gambar

pameran3
sumber gambar

pameran4
sumber gambar

pameran5
sumber gambar

Pameran ini diikuti oleh 200 seniman hortikultura paling berbakat di dunia. Mereka berkompetisi dalam ajang pameran ini mewakili 20 negara, diantaranya berasal dari Turki, Uganda, China, dan Jepang. Ada sekitar 50 karya mempesona yang berhasil diciptakan oleh mereka dalam pameran itu. Untuk edisi pameran kali ini, tema yang diangkat dalam pameran adalah "Tanah Harapan".

Dalam pameran ini kita akan disuguhkan berbagai jenis tanaman kurang lebih ada 22.000 spesies tanaman yang digunakan. Serta 10 rumah kaca yang melengkapi proses pameran ini berlangsung.

pameran6
sumber gambar

pameran7
sumber gambar

pameran8
sumber gambar

pameran9
sumber gambar

pameran10
sumber gambar

Mulanya pameran Mosaiculture ini diselenggarakan di Montreal pada tahun 2000. Kini setiap tiga tahun sekali ajang kompetisi ini akan diselenggarakan di kota-kota yang berbeda. Dengan menggunakan dana dari pemerintah dan sektor swasta, acara ini menjelma menjadi acara paling berkelas di dunia seni hortikultura. Terakhir kali diadakan di Shanghai, sebelum akhirnya kembali lagi ke Montreal.



Sumber: Amusing Planet

6 komentar:

  1. Wihhh ... itu dibentuk sendiri ya gan

    BalasHapus
  2. @Munawir Alfikri
    iya sob, itu dibentuk sendiri pake bahan asli dari tanaman yg tumbuh sob, bunganya jg bunga hidup asli itu... keren ya :)

    BalasHapus
  3. Mosaiculture ini jga bisa jd surganya para fotografer dong ya.. sayang soalnya cuma bertahan sampai musim panas

    BalasHapus
  4. @Occha Poccha
    wah, so pasti itu sob, tp emang sih cm sampe musim panas doank, soalnya kalo bukan musim panas bunganya pasti gak mekar, warnanya otomatis byk yg hilang kan?

    BalasHapus
  5. cakep amat.. kok bisa ya, apalgi ngliat ikan tuh, hebat bgt yg bikinnya

    BalasHapus
  6. it's very wonderfull... ^_^ I like it!

    BalasHapus

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.