Rabu, 28 Mei 2014

Yareta, Tanaman Kuat Bertahan Hidup Hingga 3.000 Tahun

Advertisement
Amazing Sphere - Jika Anda berjalan-jalan di dataran tinggi Andes, mungkin Anda akan menemukan banyak bebatuan yang berwarna hijau. Secara sekilas batu itu seperti tertutupi oleh lumut. Namun, perlu Anda ketahui bahwa warna hijau yang menutupi bebatuan itu sebenarnya bukanlah lumut. Akan tetapi sejenis tanaman merambat dan berkoloni yang bernama Yareta. Tanaman Yareta ini bisa bertahan hidup mencapai ribuan tahun lamanya.

Yareta dalam bahasa latin dikenal sebagai Azorella compacta, atau menurut bahasa Spanyol biasa dikenal juga dengan nama "Llareta". Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang tergabung dalam keluarga Apiaceae. Sejenis tanaman kecil berbunga. Yareta banyak dijumpai tumbuh di padang rumput dingin Andes Peru, Pina, Bolivia, Chile Utara, dan Argentina Barat yaitu terletak pada dataran tinggi antara 3.200 hingga 4.500 meter, dimana angin bertiup tanpa henti dan suhu dingin sanggup meretakkan bebatuan granit.

tanaman usia ribuan tahun
sumber gambar

tanaman usia ribuan tahun-2
sumber gambar

tanaman usia ribuan tahun-3
sumber gambar

tanaman usia ribuan tahun-4
sumber gambar

Meskipun tumbuh dalam kondisi ekstrim, Yareta bisa mempertahankan hidupnya dengan baik. Dengan tumbuh secara berkoloni dan padat serta dekat dengan tanah, merupakan salah satu trik baginya untuk bertahan dari panas, serta melawan kuatnya angin yang bertiup. Apalagi daunnya yang berbentuk daun lilin tutup berfungsi sebagai cara untuk mencegah hilangnya kelembaban akibat penguapan. Dengan begitu tanaman ini bisa bertahan meskipun dalam kondisi yang sangat tidak ramah sekalipun.

Pertumbuhannya yang lambat, hanya 1,5 cm pertahun juga adalah suatu bentuk cara mereka bisa bertahan di pegunungan Andes yang sudah terkenal tidak ramah itu. Mungkin karena hal inilah, Yareta bisa berusia hingga ribuan tahun bahkan bisa saja mencapai 3.000 tahun. Wow!

tanaman usia ribuan tahun-5
sumber gambar

tanaman usia ribuan tahun-6
sumber gambar

tanaman usia ribuan tahun-7
sumber gambar

Dikarenakan tanaman Yareta ini sangat padat, maka banyak orang-orang yang memanfaatkannya sebagai bahan bakar pengusir dingin, layaknya kayu bakar. Karena api yang dihasilkan sama bagusnya dengan kita membakar gambut. Berhubungan dengan hal ini maka semakin banyak saja spesies Yareta yang terancam kepunahan. Untuk itu larangan keras pun ditetapkan, kini Yareta mulai dilindungi dan dilestarikan keberadaannya dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab.



Sumber: Amusing Planet

4 komentar:

  1. Wah, hebat bgt ya tanaman ini, bentuknya sih seperti lumut memang, tp kalo dkt cakep jg bunganya... amazing ^_^

    BalasHapus
  2. wah mas admin ini seperti orang berjiwa seni ya... unik dan antik, banyak info menarik disini yang blum pernah aku ketahui.
    pertama aku lihat gambar yang sebelah atas aku langsung berpikir "tumbuhan kaya gini kog bisa hidup di daerah panas ya" soale batu dan tanahnya itu lho kaya di padang pasir.. ternyata di pegunungan andes. dan kalau lihat tumbuhannya (yareta) kaya sayuran yang bisa dimasak haha.. di daerahku namanya brokoli hehe. tapi bagus banget sob tumbuhan ini memang patut untuk dilestarikan

    semoga tumbuhan ini tetep lestari dan bisa berkembang dengan baik

    BalasHapus