Rabu, 13 Agustus 2014

Kuil Gantung Ekstrem di Sisi Tebing Gunung Hengshan, China

Advertisement
Amazing Sphere - Objek wisata yang satu ini, mungkin bisa dibilang salah satu tempat wisata yang paling mengagumkan plus menegangkan. Kenapa demikian? Karena ditempat ini Anda akan dibawa ke sebuah posisi yang mana Anda akan merasakan ngerinya menatap jurang yang cukup dalam.

Objek wisata ini bernama "Hanging Temple", atau jika diartikan ke bahasa Indonesia maka berarti Sebuah Kuil yang menggantung. Memang benar, kuil yang satu ini cukup unik dan menarik perhatian. Bukan karena bentuknya, melainkan karena posisinya dibangun menggantung atau bisa dibilang menempel di sisi tebing. Hanging Temple merupakan salah satu atraksi wisata dan situs bersejarah di daerah Datong. Kuil yang terletak di lembah kaki gunung Hengshan provinsi Shanxi, China ini dibangun lebih dari 1.500 tahun yang lalu.

Konon katanya, kuil ini dibangun untuk menghindari banjir yang mengerikan pada waktu itu. Sehingga memanfaatkan sisi gunung sebagai tempat perlindungan dari hujan, salju, serta teriknya sinar matahari. Kuil ini dibangun tepat di sisi tebing dengan ketinggian 75 meter di atas tanah. Dengan menggunakan batu-batu penyangga yang tersembunyi, serta balok kayu yang ditanamkan ke dalam sisi tebing, kuil tersebut nampak begitu kokoh berdiri. Ada lebih dari 40 ruang yang bisa Anda temui, lemari serta paviliun di area dalam dengan ukuran luas 152,5 meter persegi yang berhubungan satu sama lain dengan koridor, jembatan, dan trotoar. Mereka menata itu semua agar bisa memperoleh keseimbangan yang baik.

Hanging Temple in China
sumber gambar

Hanging Temple in China
sumber gambar

Hanging Temple in China
sumber gambar

Hanging Temple in China
sumber gambar

Hanging Temple in China
sumber gambar

Hanging Temple in China
sumber gambar

Hanging Temple in China
sumber gambar

Dikarenakan kuil ini merupakan tempat penting bagi umat Buddha, Tao, dan elemen Konfusianisme, maka tidak sedikit kita menjumpai patung-patung yang terbuat dari perunggu serta bahan lainnya yang diletakkan di dalam kuil. Bahkan terdapat lebih dari 80 buah patung perunggu, patung besi cor, dan patung tanah liat yang dipahat dan diukir dapat kita temukan dalam kuil. Semua patung-patung itu berasal dari dinasti yang berbeda-beda.

Pokoknya, bagi Anda yang menyukai hal-hal yang ekstrem, silahkan berkunjung ke kuil gantung ini. Tapi bagi yang takut ketinggian, lebih baik jangan pernah berkunjung ke tempat ini.



Sumber: Amusing Planet

20 komentar:

  1. wah bener2 ekstrem nih kuilnya mas...penasaran mau ngelihat langsung tp nggak punya duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mas yanto...
      gak usah kesana lg deh mas, ngliat disini aja ^_^

      Hapus
    2. iya nih mas.saya simpan aja deh gambarnya.hehehe

      Hapus
    3. dicetak yg gede mas, trs ditemplok kamar :)

      Hapus
  2. Waw.. extreme banget ya gan
    tapi saya liat banyak banget para wisatanya disitu..
    hampir penuh tuh Kuil hehe

    BalasHapus
  3. wah sangat ekstrem sekali ya Mas kuil nya, gak kebayang, gimana cara buatnya dulu ya Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, saya jg berpikiran sama, jaman dulu kan gak ada helikopter ya.. apa jgn2 biksu2nya bisa pd terbang, hehe... :D

      Hapus
  4. memang kuat yah? kalau diserang badai gak bakalan jatuh tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, itu kan udh terbukti sedari 1.500 tahun yg lalu blm ancur jg kan? ada pagar gaibnya kali sob, hehe :D

      Hapus
  5. selamat malam mas,,,,
    TOP bgt.. dech, desainnya itu loh yang unik serta menarik dan saya yakin hanya orang - orang yang tekun dan pekerja keras yang mampu membuat kuil seperti itu...
    heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, saya setuju dgn pendapat mas Ahmad ini, saya sih berpikir bahwa seorg biksu itu kan termasuk org2 yg kuat dan pekerja keras, jd tdk mustahil bagi mereka utk membuat kuil semacam itu.

      Hapus
  6. buset itu buatnya gmna gan , bner2 keren

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. ketahuan nih doyan nonton film,hehe :)
      kyknya sih, sering dibikin syuting film itu mas, terutama film2 kolosal yg berbau kung fu gitu..

      Hapus
  8. keren banget nih kak arsiteknya...

    tapi ngeriii ntar gak rubuh ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. meskipun dibangun sudah ribuan tahun tapi msh awet jg..
      hebat bgt

      Hapus
  9. itu bikinnya dari kayu padahal ya, kayu apa yg dipakai bisa sekuat itu

    BalasHapus
  10. liat gambarnya sungguh sebuah kuil yang menakjubkan sekaligus luar biasa, hanya ada satu-satunya dib=dunia...hanya di tebing gunung hengshan....perasaan pernah kesana deh saya teh

    BalasHapus

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.