Kamis, 07 Agustus 2014

Uniknya Desain Melingkar Jembatan Nanpu di Shanghai, China

Advertisement
Amazing Sphere - Jembatan yang paling unik dan luar biasa dapat kita temui di Shanghai, China. Jembatan tersebut terkenal dengan sebutan Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu.

Jembatan Nanpu merupakan salah satu jembatan utama di Shanghai. Jembatan ini membentangi sungai Huangpu dan menghubungkan wilayah kota tua Puxi dengan wilayah Pudong. Sebelum dibangun jembatan ini, satu-satunya cara berkomunikasi antara Puxi dan Pudong adalah dengan memakai jasa layanan feri. Kini hal itu sudah tidak dilakukan lagi.

Salah satu karakteristik yang menarik dari jembatan Nanpu ini adalah desain melingkar yang diimplementasikan untuk mengurangi gradien pendekatan ke jembatan sehingga tidak terjadi tanjakan atau turunan jalan yang tajam serta menghemat penggunaan lahan, karena dengan desain melingkar ini, maka tidak banyak memakan lahan untuk pembuatan jalan.

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Bila dilihat dari seluruh rentang jembatan, maka Jembatan Nanpu ini memiliki total panjang sekitar 8.346 meter, yang jika diamati tampak seperti naga yang tergeletak di sungai Huangpu dengan posisi kepala dan ekor yang berbentuk spiral. Jembatan utamanya sendiri memiliki panjang sekitar 846 meter yang memakai penopang beton berbentuk "H" sebanyak 2 buah dengan tinggi masing-masing 150 meter. Sebanyak 22 pasang kabel baja diatur seperti pola kipas dan menopang kedua beton utama. Jika malam hari, kita akan disuguhkan oleh pemandangan permainan lampu yang berwarna-warni menghiasi setiap sisi jembatan. Terlihat begitu indah dan menakjubkan.

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Nanpu Bridge atau Jembatan Nanpu
sumber gambar

Pada tahun 1991, jembatan Nanpu ini selesai dibangun, lalu tidak dalam waktu lama jembatan ini pun dibuka untuk umum. Sejak itulah, sebanyak 14.000 sampai 17.000 kendaraan mulai melintasi dan menumpuk di jembatan setiap harinya. Bahkan tercatat pada tahun 2006, jumlah kendaraan yang melintas makin meningkat menjadi 120.000 kendaraan per harinya. Luar biasa!




Sumber: Amusing Planet

28 komentar:

  1. Wahh keren banget gan
    ckck.. dikota saaya belum ada tuh jembatan seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ya sama sob, dikota saya jg belum.. :D

      Hapus
  2. Waduh, jauh lebih unik dari jembatan Semanggi ya mas...hehehe. Benar-benar luar biasa desain jembatannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan unik lg sob, tp luar biasa! ngebayangin gimana bikinnya itu...

      Hapus
  3. Widiiih, amazing banget tuh jembatan ^_^
    hebat arsiteknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, org2 china memang pinter2 arsiteknya sob.. :)

      Hapus
  4. wih, keren banget tuh, apalagi ketika pemandangan di malam harinya *-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam hari lbh asik sob, lampu2nya itu loh... tapi knp ya sob jalanan di daerahku mlh msh byk tuh yg gelap gulita tanpa lampu. masa kalah sih ama org luar... bukankah lampu jg salah satu hal penting yg menyangkut keselamatan

      Hapus
  5. berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin, jangan lupa kunbalnya ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. minal aidin wal faidzin jg sob... maaf lahir batin juga. mksh kunjungannya, langsng berkunjung balik nih.. ^_^

      Hapus
  6. Saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan batin, salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 sob, mohon maaf lahir dan batin jg...

      Hapus
  7. wah emang superb amazing mas keren" yah jembatannya kapan bisa jepretin d stu yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada yg tertarik ingin melancong ke sana nih... ayo, kpn mas? jgn lupa ajak saya ya

      Hapus
  8. Ruaaaar biasa... Keren bingits...

    BalasHapus
  9. wow, jembatan yg kayak gini sih gak ada tandingannya sob... very amazing!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiplah ^_^)b
      ngliatnya aja pusing ya sob, apalagi bikinnya tuh.. pokoknya kalo diindonesia ada, keren tuh pastinya

      Hapus
  10. mantap..
    mantap..
    mantap..
    maknyuss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. jd inget kata2nya org botak yg doyan kuliner itu.. siapa tuh namanya ya.. :D

      Hapus
  11. apa gak puyeng tuh kendaraan yg lewat situ muter2

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg puyeng sopirnya kali sob, kalo kendaraannya enjoy aja apa kata sopir, haha :D

      Hapus
  12. pengaturann cahayanya keren bnget gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, itu setrumnya ngabisin berapa Watt ya? trs yg bayar siapa tuh? di daerahku malah byk jalanan yg gelap gulita

      Hapus
  13. Jembatan Nanpu nya ini keren ya. Tidak kalah kerennya dengan Jembatan Broklyn. Mungkin Jembatan Semanggi jakarta punya kemiripan kali ya. Berkelok keloknya itu. Tapi tidak ada yang melingkar drastis seperti di China ini. Amazing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kang Asep udah pernah ke jembatan Broklyn ya kang?

      Hapus