Rabu, 19 Agustus 2015

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman

Advertisement
Amazing Sphere - Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar ada makhluk hidup yang memiliki keunikan yaitu tubuhnya setengah bersifat hewan, setengahnya lagi bersifat tanaman. Mungkin Anda pasti tidak percaya. Tapi begitulah kenyataannya yang dimiliki oleh makhluk hidup yang bernama siput laut ini. Ada beberapa spesies siput laut yang memiliki klorofil dalam tubuh mereka yang berguna dalam membuat makanan dari bantuan sinar matahari sama halnya dengan proses fotosintesis pada daun yang dimiliki tanaman.

Tapi siput laut ini meskipun berfotosintesis mereka tidak memiliki klorofil, mereka memperoleh makanan mereka dengan memakan banyak sayuran. Siput laut ini terkenal dengan sebutan nama sacoglossans atau "siput laut pengisap getah" karena mereka hidup dengan mengisap isi sel dari ganggang. Yang unik disini adalah mereka bukan mencerna makanan seperti umumnya yang dilakukan oleh hewan, melainkan mereka menggabungkan kloroplas dari gangang dengan sel-sel mereka sendiri. Dan semua itu mereka lakukan di bawah sinar matahari. Peristiwa luar biasa ini dikenal dengan sebutan kleptoplasty, kemampuan aneh dari siput ini membuatnya mendapatkan sebutan lain yaitu "siput laut bertenaga surya".

Baca Juga:

Salah satu contoh terbaik dari perilaku ini ditemukan pada jenis siput laut hijau yang bernama Elysia chlorotica. Mereka yang paling sering ditemukan di rawa-rawa garam, kolam renang dan sungai yang dangkal, di sepanjang pantai timur Amerika Serikat, hingga wilayah utara Kanada. Mereka dapat tumbuh mencapai panjang 60 mm, namun yang paling sering ditemukan memiliki panjang antara 20 mm hingga 30 mm saja.

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman
Elysia chlorotica

Mulanya seekor Elysia chlorotica muda memiliki warna kemerahan atau keabu-abuan, namun setelah mereka mulai makan dan mempertahankan sel kloroplasnya mereka akan berubah menjadi warna hijau terang. Perlu diketahui bahwa warna hijau ini juga membantunya untuk menyamarkan diri terhadap predator, karena siput tidak memiliki cangkang pelindung atau cara lain sebagai perlindungan. Dengan mengambil warna hijau dari kloroplas sel alga, siput ini mampu berbaur dengan dasar laut yang hijau di bawah mereka, sehingga hal ini membantu mereka meningkatkan peluang untuk bertahan hidup lebih lama.

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman

Meskipun begitu, seekor Elysia chlorotica sanggup bertahan hidup dari fotosintesis tanpa makan sampai satu tahun. Dengan menghabiskan lebih sedikit energi dalam kegiatan seperti mencari makanan, siput dapat berinvestasi energi yang berharga ini ke kegiatan penting lainnya yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup lebih lama.

Namun, kloroplas mereka hanyalah salah satu bagian dari mesin seluler yang diperlukan untuk mengubah sinar matahari menjadi energi saja. Sebab, memiliki kloroplas tanpa gen yang diperlukan untuk fotosintesis maka hewan ini hanya dapat mensintesis makanan saja. Ini sama halnya dengan Anda mengambil pisau dari blender dan berharap bisa membuat jus wortel dari blender tanpa pisau tersebut.

Satu lagi yang membuat spesies ini luar biasa adalah bahwa Elysia chlorotica tidak hanya mencuri kloroplas dari ganggang saja, tetapi mereka juga menggabungkannya ke dalam DNA sendiri. Ini adalah contoh yang menarik dan agak unik dari transfer gen horizontal.

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman
Costasiella kuroshimae

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman

Siput Ini Ternyata Setengah Hewan dan Setengah Tanaman

Selain Elysia chlorotica, ada juga spesies unik yang mirip yaitu Costasiella kuroshimae, spesies ini juga memiliki perilaku yang sama sebagai kleptoplasty. Spesies jenis ini ditemukan di kepulauan Ryukyu, di Jepang.

Benar-benar spesies unik dan luar biasa sekali...!!

Sumber Bacaan

11 komentar:

  1. Buset ya gan bisa bertahan 1 tahun tanpa makan, pdhl kerempeng gtu mahkluknya. Manusia mah sehari gak dikasih makan ada yang ngamuk kaya hewan jadinya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah bukti keajaiban Tuhan sob, Sang Pencipta dari semua makhluk2 yg ajaib itu...

      Hapus
  2. ane baru liat nih siput kaya beginian, unik bgt. tp kira2 ada gak ya di indonesia ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja dicari sob, kalo nemu saya mau pelihara tuh..

      Hapus
  3. Kasian ya dia gak punya rumah, apa dia jual rumah buat makan ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan2 kamu yg beli rumahnya ya? hehe..

      Hapus
  4. eh, di awal disebut berklorofil, tapi selanjutnya kok katanya gak berklorofil? yang bener yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibaca pelan2 sob biar paham. Disitu disebutkan, memang ada siput laut yg berklorofil. Tapi yg satu ini tdk berklorofil, mereka mencuri klorofilnya dari ganggang lalu menyatukannya dgn sel mereka. Paham blm?

      Hapus
  5. Semuanya berbentuk seperti daun...
    Salam,

    BalasHapus