Kamis, 12 Juni 2014

Meteora, Komplek Biara Di Atas Menara Batu, Yunani

Advertisement
Amazing Sphere - Meteora adalah nama sebuah objek wisata menara batu yang menjulang tinggi dan terlihat menakjubkan di Yunani. Di bawah menara batu yang tinggi itu terdapat sebuah kota yang bernama Kalampaka. Namun, justru yang membuat Meteora ini menarik banyak perhatian para wisatawan adalah adanya komplek biara yang dibangun tepat di atas puncaknya. Nah, perjalanan menuju ke tempat biara-biara tersebutlah yang membuat para wisatawan tertantang untuk mencobanya, sebab mereka bisa melakukan perjalanan itu dengan cara mendaki atau melalui jalur hiking yang sudah disediakan. Mungkin bagi para pendaki, akan tertarik berkunjung ke tempat ini.

Batu Meteora ini merupakan batu pilar yang dihasilkan dari kolektif alam. Dengan memiliki ketinggian rata-rata 313 m atau 1.027 kaki menjadikannya objek yang luar biasa. Ahli geologi percaya bahwa proses ini dimulai sekitar 60 juta tahun yang lalu selama periode Paleogen. Batuan Meteora ini berdiri dengan megah tepat di jantung kota Yunani. Sebanyak 24 perumahan biara dibangun di atasnya. Namun hanya ada 6 rumah saja yang masih aktif digunakan (lima untuk laki-laki, satu untuk perempuan), dengan masing-masing rumah diisi sebanyak 10 orang. Setiap tahun, tempat ini selalu mendapatkan kunjungan dari ribuan wisatawan. Keunikan serta kemegahan batuan Meteora inilah yang membuatnya tercatat dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1988.

Biara di atas batu
sumber gambar

Biara di atas batu2
sumber gambar

Biara di atas batu3
sumber gambar

Biara di atas batu4
sumber gambar

Biara di atas batu5
sumber gambar

Nama Meteora diambil dari bahasa Yunani, yaitu 'meteoros' yang artinya "Tengah Langit". Jika dilihat dari formasi batuan Meteora ini, formasinya mirip seperti jari-jari batu raksasa yang muncul dari tanah.

Menilik dari sejarah, pada awal abad ke-11, biarawan mulai menempati gua-gua yang ada di Meteora. Namun, bangunan rumah biara sendiri mulai dibangun pada abad ke-14. Yang mana pada waktu itu, biarawan banyak yang mencari tempat bersembunyi dari serangan Turki di Yunani. Akses untuk bisa naik ke atas, melalui tangga atau sebuah mesin kerek. Meteora bukan hanya surga bagi para pejalan kaki, namun bagi pendaki juga. Waktu yang terbaik untuk melakukan perjalanan secara mendaki adalah antara pertengahan Maret hingga pertengahan Juni atau antara pertengahan Agustus sampai pertengahan November. Kenapa demikian? Karena antara bulan Desember dan Maret, cuaca dingin dan basah, sedangkan antara Juli dan Oktober merupakan puncak dari banyaknya para pengunjung yang datang. Jadi intinya untuk menghindari cuaca yang tidak bersahabat dan membludaknya jumlah pengunjung. Maka waktunya harus tepat.

Biara di atas batu6
sumber gambar

Biara di atas batu7
sumber gambar

Biara di atas batu8
sumber gambar

Biara di atas batu9
sumber gambar

Biara di atas batu10
sumber gambar

Karena letak Meteora yang ada di jantung kota Yunani, dekat dengan kota Kalampaka, maka untuk sampai ke Kalampaka jika ditempuh dari Athena Anda harus menempuh jarak sepanjang 218 mil. Ada beberapa pilihan untuk bisa sampai ke Kalampaka. Yaitu Anda bisa menggunakan bus, mobil, ataupun kereta api. Jika Anda membawa mobil pribadi, maka itu cara yang terbaik untuk bisa sampai ke Kalampaka, sebab Anda bisa menempuhnya dalam waktu 4 jam. Sedangkan jika menggunakan kereta api, lebih baik Anda pilih kereta api cepat, agar bisa sampai dalam waktu 5 jam saja. Sedangkan jika Anda memakai bus, ada bus yang bisa membawa Anda dari Athena ke Trikala, lalu disambung lagi dari Trikala ke Kalampaka. Bus ini bisa Anda temukan di Terminal B jalan Liossion. Jika menggunakan bus Anda akan sampai ke tempat tujuan memakan waktu selama 7 sampai 8 jam.

Satu hal yang perlu diingat, dikarenakan tempat tujuan Anda di Meteora merupakan komplek biara, maka ada peraturan yang harus Anda patuhi sebelum mendaki, yaitu Anda dilarang memakai pakaian tanpa lengan serta tidak diperbolehkan memakai celana pendek. Masing-masing biara memiliki jadwal waktu buka yang berbeda, maka Anda harus memeriksanya terlebih dahulu. Dan disarankan untuk membawa makanan serta minuman yang ringan saja. Karena di biara-biara sudah disediakan tempat untuk membeli makanan. Satu lagi yang terpenting, pakailah alas kaki yang bisa membuat Anda nyaman saat naik ke atas Meteora. Jangan lupa juga siapkan uang receh untuk biaya masuk ke biara.

Semoga perjalanan Anda menyenangkan ya... ^_^




Sumber: beautifulworld, jolytrip

11 komentar:

  1. widih, itu mantep bgt ya sob, bikin biaranya gmn caranya ya?

    BalasHapus
  2. ya ampun keren banget. pengen kesana jadinya.

    BalasHapus
  3. cara bawa bahan bangunannya gimana ya

    BalasHapus
  4. @zach flazz Apakah mas zach mulai berpikir untuk merayu istri lagi? :D

    BalasHapus
  5. waah, mantap euy pemandangannya :) pengeen ke sono, kebetulan Ishmah lagi banyak uang receh nih :D

    BalasHapus
  6. @Innfo Peluang Usaha
    gak tau tuh sob, mungkin pake pesawat kali sob... :D

    @zach flazz
    wah, jiwa pendaki mas Zach muncul lagi nih, hehe

    @Nandar
    pake helikopter kali sob :)

    @maryam ishmatullah
    haha, ishmah kpengen ngikut tuh mas zach, tp kyknya sih mas zach mau bulan madu kedua nih di meteora..

    BalasHapus
  7. tempat yang sungguh menakjubkan, serasa memandang sebuah lukisan

    BalasHapus
  8. subhanallah, ini maha dahsyat . :)
    di malang ada, rumah orang di atas kek gitu, bedanya nggak seindah itu . :D

    BalasHapus
  9. @Kang Ucup
    Ah, itu sih pandangan Kang Ucup aja yg punya hobi nglukis, hehe :D

    @Chikita Nawaristika
    itu bukan rumah mbak, tp biara... jd penasaran, di malang ada ya yg seperti ini, daerah mana mbak?

    BalasHapus
  10. saya bnr2 terpana mas melihat meteora ini, bnr2 seperti surga, pdhl blm pernah liat surga :) indah sekali, tp takut tinggi bgt

    BalasHapus
  11. wah keren banget...
    rencana pgen bulan madu ke sana ni.
    hehehe. just kidding

    BalasHapus

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.