Jumat, 22 Agustus 2014

Infiernillo, Jembatan Kereta Api "Neraka Kecil" di Peru, Amerika

Advertisement
Amazing Sphere - Salah satu jembatan yang paling terkenal yang berada disepanjang wilayah kota Lima hingga ke La Oroya adalah jembatan kecil yang bernama Infiernillo. Jembatan kecil ini sering juga disebut-sebut sebagai jembatan "Neraka Kecil". Jembatan yang terletak di area canyon sempit yang menghubungkan dua buah terowongan diantara kedua sisi berseberangan ini merupakan jalur kereta api yang tertinggi kedua di dunia.

Jembatan ini terkenal dengan tantangan teknis yang besar yang dihadapi pada lintasannya. Jalur kereta api ini dimulai dari kota pelabuhan Callao, yang kemudian melewati kota Lima lalu mencapai ketinggian puncak hingga 4.818 meter di Anticona pass, Ticlio, Lima. Lalu diteruskan hingga mencapai ke kota tambang La Oroya. Namun jalur kereta ini mengalami percabangan menjadi dua rute. Rute pertama mengarah ke Cerro de Pasco, sedangkan rute kedua menuju ke Huancayo dan Huancavelica. Yang mana perjalanan rute ini merupakan daya tarik utama bagi para penggemar kereta api, karena di sepanjang jalur kereta api ini, kita akan melintasi sebanyak 58 jembatan dan 69 terowongan, termasuk salah satunya merupakan terowongan kereta api tertinggi kedua di dunia, serta 6 buah switchbacks. So pasti akan menjadi sebuah perjalanan yang menegangkan untuk Anda.

Jembatan Infiernillo
sumber gambar

Jembatan Infiernillo
sumber gambar

Jembatan Infiernillo
sumber gambar

Jembatan Infiernillo
sumber gambar

Jembatan Infiernillo
sumber gambar

Jembatan yang terkenal dengan sebutan "neraka kecil" ini merupakan jembatan yang menghubungkan dua buah terowongan di sisi tebing yang vertikal. Sementara di bawahnya mengalir sungai Rio Rimac, serta berdekatan dengan jalan raya utama 'Carretera Central'.

Jembatan Infiernillo terdapat pada ketinggian 3.300 meter di atas permukaan laut dan berada di ketinggian 129,5 meter dari Callao. Jembatan ini dibangun pada tahun 1908 oleh Perusahaan Jembatan Amerika dengan panjang jembatan 62,78 meter. Terowongan yang berada di kedua ujung jembatan ini memberikan sebuah penampilan yang paling dramatis, serta cukup menegangkan.




Sumber: Amusing Planet

12 komentar:

  1. waw... sepertinya ini mengerikan sekali ya gan,, ada jembatan neraka hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, ngeri juga tuh bayangin aja hrs melewati sebanyak 69 terowongan, apa gak puyeng tuh, gelap, terang, gelap, terang terus...

      Hapus
  2. Bila naik kereta apai dengan jalur jembatan seperti itu rasanya bagaimana ya ? indah tapi ada rasa was-was juga. he,, he, he,,

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya kyk makan permen nano nano pa Indra... manis asem asin, manis kalo ngliat pemandangan yg indah, asem ama asin kalo lg keringetan karena ketakutan... hehe... :D

      Hapus
  3. walaupun disebut neraka kecil, tapi kayaknya menarik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bnr JIM, kereta itu kan fungsinya utk 'menarik'.
      Menarik barang atau utk menarik penumpang..
      ^_^

      Hapus
  4. wah serem banget gan , tapi pingin nyobain wkwk
    nicepost gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lbh baik jangan mas, bukannya apa2 sih, cuman ongkos ke Amerikanya lumayan mahal, hehe... mending naik kereta disini aja... :D

      Hapus
  5. dari sumber gambar kayaknya bukan kereta penumpang ya gan,hanya kereta barang saja, masalahnya gak terbayang jika buat kereta penumpang, bisa jadi asal lewat jalur itu jantung berdebar-debar tuh,,.
    ngeri dan serem ahh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, memang gambar yg saya tampilin itu bukan kereta penumpang, tp kereta yg membawa hasil tambang, tp kemungkinan utk kereta penumpang bisa saja ada mbak

      Hapus
  6. widih serem beneeer... tapi bagus yah pemandangannya :)

    BalasHapus