Minggu, 08 Juni 2014

Tepuis, Dataran Tinggi Tempatnya Para Dewa di Venezuela

Advertisement
Amazing Sphere - Tepuis, merupakan dataran pegunungan yang paling tertinggi. Terletak di dataran tinggi Guayana Amerika Selatan, tepatnya di Venezuela. Bentuknya yang datar menyerupai meja membuatnya ditumbuhi oleh ratusan spesies tanaman serta menjadi rumah bagi hewan-hewan endemik. Sekitar 9.400 spesies tanaman yang lebih tinggi telah tercatat dari Venezuela Guayana, dimana 2.322 terdaftar dari Tepuis. Sekitar sepertiga dari spesies tersebut, bisa juga ditemukan ditempat lain di dunia.

Letaknya yang cenderung terisolasi, sehingga tempat ini sangat jarang dikunjungi. Apalagi jika melihat strukturnya yang menjulang tinggi dengan tebing-tebingnya yang hampir vertikal, membuatnya sangat sulit untuk diakses dengan berjalan kaki.

Nama Tepuis berasal dari kata "Tepui", yang artinya "Rumah Para Dewa", mungkin hal ini dikarenakan ketinggiannya yang teramat tinggi mencapai awan. Tepui sendiri diambil dari bahasa orang-orang Pemon yang tinggal di Gran Sabana.

tempatnya para dewa1
sumber gambar

tempatnya para dewa3
sumber gambar

Tepuis memiliki beberapa tingkatan ketinggian. Ketinggian terendah mencapai 1.000 meter diatas hutan sekitarnya. Sementara tingkat yang tertinggi memiliki ketinggian hingga 3.000 meter. Diantara beberapa pegunungan tinggi di Gran Sabana, hanya tiga pegunungan saja yang dapat diakses dengan jalan kaki. Sedangkan yang paling mudah diakses adalah pegunungan Roraima yang memiliki ketinggian 2.180 meter.

Ketinggian Tepuis menyebabkannya memiliki iklim yang jauh berbeda dengan hutan-hutan pada umumnya yang tumbuh di atas tanah. Pada bagian atas cenderung terasa dingin, sedangkan bagian bawahnya memiliki suhu yang hangat dan lembab. Kondisi ini membuat tanaman yang tumbuh disana beradaptasi dengan sangat keras, sehingga banyak ditemui spesies-spesies yang unik.

tempatnya para dewa4
sumber gambar

tempatnya para dewa5
sumber gambar

tempatnya para dewa6
sumber gambar

tempatnya para dewa7
sumber gambar

Tepuis merupakan sisa dari sebuah dataran tinggi batu pasir yang besar pada periode Prakambrium, yang pada awalnya menutupi perbatasan Utara dari Amazon Basin dan Orinoco, antara pantai Atlantik dan Rio Negro. Dataran besar ini selama jutaan tahun terkikis hingga yang tertinggal hanyalah Tepuis. Meskipun Tepuis terlihat sangat tandus, namun di bagian puncaknya bisa ditemukan banyak kehidupan.

tempatnya para dewa8
sumber gambar

tempatnya para dewa9
sumber gambar

tempatnya para dewa10
sumber gambar

tempatnya para dewa12
sumber gambar

Ada sebanyak 115 gunung yang bentuknya seperti meja di wilayah Gran Sabana sebelah Tenggara dari Venezuela ini, akan tetapi yang paling tertinggi hanyalah Tepuis. Sedangkan yang paling terkenal diantara semuanya adalah Gunung Roraima. Gunung ini pertama kali dijelajahi pada tahun 1984. Dan hingga sekarang sering dijadikan tujuan populer bagi para backpackers. Tidak hanya itu, gunung ini juga menjadi inspirasi bagi penulis asal Skotlandia yang bernama Arthur Conan Doyle hingga melahirkan novelnya yang berjudul "The Lost World".

Rumah para Dewa lainnya yang mirip dengan Tepuis adalah Auyantepui, yaitu rumah bagi Angel Falls, air terjun tertinggi di dunia. Bahkan luas permukaannya pun melebihi luas Tepuis yaitu sekitar 700 kilometer persegi. Menakjubkan !




Sumber: Amusing Planet

4 komentar:

  1. sangat menakjubkan bos... oya kira-kira untuk mencapai lokasi tepuis, menggunakan jalur darat atau udara bos?

    BalasHapus
  2. @comtel cell
    Sepertinya harus lewat udara sob, karena pake jalan kaki aja sudah gak bisa.. terkecuali ada yg nekat manjat melalui tebing, makanya Tepuis itu bnr2 terisolasi

    BalasHapus
  3. jika melihat tempatnya yg terasing, pasti byk yg jd penunggu asing disana ya mas? termasuk spesies2nya yg jg unik

    BalasHapus
  4. info yg bermanfaat gan , sukses selalu

    BalasHapus