Sabtu, 09 Desember 2017

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia, Dibangun di Mekkah

Advertisement
Amazing Sphere - Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia, Dibangun di Mekkah

Sebuah hotel baru raksasa akan berdiri lagi di kota suci Arab Saudi, Mekkah. Ketika selesai, hotel ini akan memiliki 10.000 kamar yang mencakup lebih dari 1,4 juta meter persegi, dan 70 restoran yang akan melayani peziarah paling makmur dari Teluk dan luar negeri.

Menyerupai benteng tradisional, hotel yang diberi nama Abraj Kudai ini terdiri dari cincin 12 menara yang melonjak 45 lantai ke langit. Di atas menara utamanya akan menjadi salah satu kubah terbesar di dunia. Sementara di sekeliling kubah ini akan ada lima helipad. Hotel terbesar di dunia ini juga akan menampilkan stasiun bis, food court, dan pusat perbelanjaan di tingkat bawah dan sebuah ballroom yang berada di dalam kubah. Interior, seperti yang diharapkan, akan dihiasi dengan sangat mewah.

Baca Juga:

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia, Dibangun di Mekkah

Terletak hanya 2 km dari Masjidil Haram di Mekkah, Abraj Kudai adalah usaha terbaru dari negara Teluk ini untuk mengubah Mekkah menjadi Manhattan. Dalam beberapa tahun terakhir, kota ini telah mengalami ekspansi dan ukuran yang luar biasa, serta rumah bagi struktur seperti Abraj Al Bait, kompleks megah yang terdiri dari tujuh hotel pencakar langit yang menghadap Ka'bah. Salah satu hotelnya, Makkah Royal Clock Tower Hotel adalah bangunan tertinggi ketiga di dunia dan struktur bebas tertinggi kelima di dunia. Menara ini juga membanggakan, karena memiliki jam terbesar di dunia. Pada malam hari, jam ini akan bersinar hingga terlihat dari jarak 30 km.

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia, Dibangun di Mekkah

Pembangunan Abraj Al Bait sempat menimbulkan kontroversi. Para pengembang meruntuhkan benteng era Ottoman abad ke 18 yang bersejarah bersama dengan sebuah bukit kecil tempat benteng tersebut berdiri untuk memberi ruang bagi struktur tersebut. Benteng Ajyad dibangun pada tahun 1780 di bawah kekuasaan Ottoman untuk melindungi Ka'bah dari bandit dan penjajah.

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia, Dibangun di Mekkah

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia, Dibangun di Mekkah

Di kota Mina, 8 km dari Mekkah, pemerintah Arab Saudi juga telah memasang lebih dari 100.000 tenda ber-AC untuk mengakomodasi para jamaah haji. Meski akomodasi mereka bersifat sementara, namun tenda-tenda itu permanen.

Proyek pembangunan berkelanjutan lainnya yang sedang berlangsung di Mekkah adalah pengembangan Jabal Omar yang terdiri dari 40 menara hunian yang akan menampung 160.000 peziarah Islam, dan sebuah area doa untuk 200.000 jamaah. Masjid Agung sendiri sedang mengalami ekspansi sebesar 50 miliar dollar Amerika untuk melipatgandakan kapasitas ruang shalatnya, dari 3 juta menjadi hampir 7 juta.

Abraj Kudai, Hotel Terbesar di Dunia, Dibangun di Mekkah

Yang paling dinanti adalah Menara Jeddah, yang juga dikenal dengan nama Kingdom Tower, di kota pelabuhan Jeddah, yang diperkirakan akan berdiri setinggi satu kilometer dengan lebih dari 250 lantai. Ini akan menjadi gedung tertinggi di dunia yang mengungguli Burj Khalifa setinggi 828 meter di Dubai.

Wow, Mekkah memang luar biasa! Meski banyak isu-isu kontroversi dibalik pembangunan gedung-gedung megah tersebut.

Sumber Bacaan



0 komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.