Senin, 16 Juni 2014

Keindahan dan Kengerian Puncak Benteng Prabalgad Di India

Advertisement
Amazing Sphere - Ada yang berbeda dengan benteng yang satu ini. Bentuknya yang tidak sama dengan benteng-benteng yang lain, sehingga membuatnya menjadi pusat perhatian para wisatawan yang ingin sekali bisa naik ke atas puncak benteng. Benteng ini bernama Benteng Prabalgad atau terkenal juga dengan sebutan "Kalavantin Durg".

Benteng Prabalgad yang memiliki ketinggian 2.300 meter ini letaknya berada diantara 2 kota negara bagian India Maharashtra yaitu kota Matheran dan kota Panvel. Masih dalam wilayah gunung Western Ghats, benteng ini dibangun di atas puncak dataran tinggi berbatu dekat kota Matheran. Yang paling menakjubkan adalah ketika kita mendakinya melalui tangga-tangga kecil yang dipahat langsung, atau melalui jalur lain, maka keindahan dan kengerian bisa Anda rasakan menyatu saat itu. Untuk itu bagi Anda yang pobia ketinggian, lebih baik jangan berkunjung ke tempat ini. Selain kondisinya yang tinggi serta curam, juga tidak memiliki tepi pengaman atau tali di dinding yang bisa diraih sebagai pengaman. Sehingga rasa kengerian akan lebih dirasakan lagi saat kita menuruninya. Anda pasti akan pusing melihat pemandangan ke bawah.

benteng Prabalgad India
sumber gambar

benteng Prabalgad India2
sumber gambar

benteng Prabalgad India3
sumber gambar

Mulanya benteng dikenal dengan nama Muranjan, sampai akhirnya terjadi pengambil alihan oleh pasukan Maratha dibawah kekuasaan Shivaji hingga berganti nama menjadi Prabalgad.

Menurut sejarah legenda yang tercatat, konon katanya benteng ini dibangun khusus untuk Sang Ratu yang bernama Kalavantin. Namun legenda ini tidak banyak diketahui oleh semua orang. Sekitar tahun 1458, Malik Ahmad, seorang perdana menteri kerajaan Ahmednagar berhasil merebut benteng itu selama terjadinya penaklukan wilayah Konkan. Kesultanan Mughal pun akhirnya menguasai Prabalgad serta wilayah Kalyan, Mahuli, Karnala, juga sejumlah benteng yang lainnya. Setelah kematian Sambhaji.

benteng Prabalgad India4
sumber gambar

benteng Prabalgad India5
sumber gambar

benteng Prabalgad India7
sumber gambar

benteng Prabalgad India6
sumber gambar

Pada tahun 1657, benteng ditaklukan oleh kelompok Shivaji dari tangan kekuasaan Mughal. Setelah ia membangun dirinya di daerah Kalyan-Bhivandi. Serangan Mughal saat itu dipimpin oleh Kesar Singh, merupakan satu-satunya orang yang memiliki resistensi kuat di benteng. Melihat tanda-tanda akan terjadinya kekalahan dalam pertempuran itu, para perempuan di benteng pun melakukan tradisi Jauhar, yaitu semacam tradisi pengorbanan diri yang mereka pikir itu kematian yang terhormat bagi mereka, daripada harus mati ditangan musuh. Sementara itu, Kesar Singh sendiri akhirnya meninggal dalam pertempuran itu, namun berkat kebaikan Shivaji, ibu Singh dan cucunya diperbolehkan pergi dengan selamat.

Itulah sepenggal kisah yang melatar belakangi berdirinya benteng Prabalgad. Hingga kini benteng itu seringkali dikunjungi oleh banyak orang yang ingin naik serta menikmati pesona di bagian puncaknya. Memang pemandangan dari atas puncaknya terlihat begitu indah, tapi berhati-hatilah saat Anda mendakinya. Karena tidak ada satu pengaman pun yang bisa menyelamatkan Anda saat terjatuh. Indah, menakjubkan, plus ngeri.




Sumber: Amusing Planet

8 komentar:

  1. wihhh tinggi bener gann..
    jadi pengen kesitu dehh mau liat pemandangan hehehe

    BalasHapus
  2. widiiih, ngeri jg ya mas, 2.300 meter busyeet.. gak berani ah.. ^_^

    BalasHapus
  3. waah, di bengkulu ada juga benteng.. benteng malborough namanya.. tapi ga seekstrem benteng prabalgad untu sampai ke situ ^^"

    BalasHapus
  4. indah benar ya mas pemandangannya. salam kenal

    BalasHapus
  5. keren dan indah sekali ya bisa berdiri ditengah puncak

    BalasHapus
  6. indah, hampir mirip dengan gunung api purba yang didaerah gunung kidul yogyakarta lho gan

    BalasHapus
  7. woooww kerenn banget gan

    BalasHapus

Mohon untuk tidak berpromosi dan mencantumkan link hidup di kolom komentar, jika tidak ingin komentarnya di hapus.
Terima kasih.