Minggu, 26 Oktober 2014

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Advertisement
Amazing Sphere - Apa jadinya jika karya seni mulai diterapkan di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta api. Mungkin keindahannya akan menghibur banyak orang dan bisa membantu menghilangkan penat para calon penumpang saat menunggu kereta api datang.

Seperti halnya yang ditemukan di stasiun kereta bawah tanah kota Naples di Italia. Hampir seluruh tembok-tembok dan langit-langitnya dihiasi oleh pernak-pernik keindahan karya seni kontemporer, sehingga membuat seluruh ruangan menjadi beraneka warna dan luar biasa. Anda pasti akan dibuatnya terkagum-kagum. Dan bisa saja membuat Anda menjadi betah berlama-lama dalam ruangan itu. Ini merupakan cara terbaik untuk membantu menghilangkan kepenatan para calon penumpang.

Memang, selama satu dekade terakhir ini, kota Naples, Italia, telah mengubah bagian dari sistem kereta bawah tanah mereka menjadi seperti sebuah galeri seni yang paling megah. Dengan bantuan para seniman kontemporer tempat itu pun akhirnya disulap menjadi pusat transportasi umum daerah perkotaan yang jauh lebih menarik. Di bawah arahan Achille Bonto Oliva, mantan direktur Venice Biennale, sejumlah 14 stasiun didistribusikan sepanjang garis 1 dan 6 dari jaringan Metro, telah dihiasi dengan lebih dari 200 karya seni buatan 100 seniman dan arsitek seperti Alessandro Mendini, Anish Kapoor, Gae Aulenti, Michelangelo Pistoletto, Karim Rashid, dan Sol Le Witt.

Berikut kondisi Stasiun Metro Naples yang dipenuhi oleh galeri seni karya Karim Rashid:

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Mungkin yang paling indah dari karya-karya mereka adalah yang ada di stasiun Metro Toledo yang dibuka pada September 2012, dan dirancang oleh perusahaan Spanyol melalui seorang arsitek Oscar Tusquets Blanca. Rancangan itu bertemakan air dan cahaya, dengan memiliki dua mosaik yang dilakukan oleh seniman asal Afrika Selatan yaitu William Kentridge, serta karya-karya Francesco Clemente, Ilya dan Emilia Kabakov, Shirin Nehsat serta Oliviero Toscani.

Berikut kondisi Stasiun Metro Toledo yang dipenuhi oleh galeri seni:

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Indahnya Galeri Seni Tembok di Stasiun Metro Naples, Italia

Hmm, sepertinya ide ini harus mulai ditiru oleh negara kita, agar para penumpang semakin banyak yang berdatangan dan menjadi betah serta menghilangkan rasa jenuh mereka saat menunggu.




Sumber: Amusing Planet

9 komentar:

  1. Wow, amazing. Indah banget ya temboknya, sungguh seni yg luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Rahman, kalo kamar tidurku seperti itu kyknya bakalan bikin betah dlm kamar, hehe :D

      Hapus
  2. Harus mulai diterapkan di indonesia :) Kita beragam2 suku - bangsa, So seninya pastinya lebih oke :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bgt mas... pasti bikin betah tuh.. :D secara kereta di Indonesia kan terkadang suka telat, hehe

      Hapus
  3. wow, sangat amat sempurna ya Mas galeri seni tembok di stasiun itali ini, sangat amat mempesona dan memanjakan mata.

    BalasHapus
  4. wiiiihh busettt kereenn bngettt gannn :) sampe gak ngedip nih mata saking betahnya menikmati keindahannya

    BalasHapus
  5. wow... keren-keren banget.... bila di negeri kita ada seperti ini, sangat luar biasa sekali...

    BalasHapus
  6. amazing binggow :o interiornya tuh kaya pengen punya di rumah :D kayaknya bagus tuuh :D

    BalasHapus