Jumat, 13 Juni 2014

Sagano, Hutan Bambu Yang Indah Di Arashiyama, Kyoto, Jepang

Advertisement
Amazing Sphere - Jika ditempat asalku, rimbunan pohon bambu biasanya seringkali menghembuskan hawa yang seram saat kita melewatinya. Jangankan rimbunan bambu yang banyak, sedikit jumlahnya saja sudah terkesan menyeramkan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang selalu mengkaitkan pohon bambu dengan segala hal yang berbau mistik. Namun tidak demikian dengan hutan bambu yang ada di Jepang ini.

Di Jepang, lebih tepatnya di sebelah Barat Laut kota Kyoto, atau di distrik Arashiyama, terdapat rimbunan hutan bambu seluas 16 kilometer persegi. Hutan ini terkenal dengan nama "Sagano". Hutan bambu Sagano merupakan tempat yang paling indah di Jepang, bukan hanya karena keindahan alamnya saja melainkan juga irama suara angin yang timbul karena adanya sentuhan antara rumpun bambu yang satu dengan yang lain. Ibarat musik alam yang dihasilkan dari suara bambu. Kalian pasti tahu kan, banyak instrumen musik yang seringkali menggunakan bambu.

hutan bambu sagano
sumber gambar

hutan bambu sagano-2
sumber gambar

hutan bambu sagano-3
sumber gambar

hutan bambu sagano4
sumber gambar

Suara angin di hutan bambu ini merupakan salah satu suara yang terpilih dari seratus suara yang ada di Jepang yang harus dijaga dan dipelihara oleh Pemerintah Jepang. Menakjubkan bukan?

Konon katanya, pada tahun 1870-an, saat itu Edison sedang mencari bambu yang baik sebagai bahan dari filamen untuk bola lampu awal, gubernur Kyoto merekomendasikan kepadanya dua sumber tempat bambu, dan Sagano inilah salah satu tempat yang direkomendasikannya itu. Sayangnya, Edison memilih pilihan yang satunya lagi. Ini berarti bambu di hutan Sagano ini adalah jenis bambu yang berkualitas baik.

hutan bambu sagano5
sumber gambar

hutan bambu sagano6
sumber gambar

hutan bambu sagano7
sumber gambar

hutan bambu sagano8
sumber gambar

Hutan bambu Sagano merupakan salah satu tempat wisata di Kyoto yang paling populer. Banyak wisatawan dari luar ketika berkunjung ke Kyoto tidak melewatkan untuk mampir ke Sagano. Dan jika Anda saat ini berencana ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengaksesnya langsung dari jalan utama Arashiyama, sedikit ke sebelah Utara dari pintu masuk ke kuil Tenryu-ji, jadi alangkah baiknya Anda sekalian saja mengunjungi kuil tersebut, sebab saat Anda keluar dari pintu gerbang Utara, Anda cukup mengambil ke arah kiri, maka dengan cepat Anda bisa sampai ke hutan bambu itu. Hanya ada satu jalan utama yang melalui rimbunan bambu dengan kondisi jalanan yang perlahan menanjak. Setelah Anda sampai ke bagian puncak bukit, keluar dari Sagano justru akan Anda temui pintu masuk ke Villa Okochi-Sanso. Namun, jika Anda berencana naik kereta api, maka untuk sampai ke hutan bambu Sagano, bisa Anda tempuh naik kereta api dari Kyoto selama 30 menit saja.

Wah, dijamin deh Anda tidak akan menyesal berkunjung ke Kyoto. Banyak tempat wisatanya.. Dan yang jelas, tidak menyeramkan seperti disini, hehe... ^_^




Sumber: Amusing Planet, Inside Kyoto

9 komentar:

  1. wow, di Arashiyama...
    amazinggg...

    BalasHapus
  2. wah, kalo seperti itu tempatnya sih, gak menyeramkan sob.. mungkin kalo disini byk dijadikan tempat pacaran tuh.. hehe

    BalasHapus
  3. kapan ya, bisa kesana...

    BalasHapus
  4. sama, sob! di tempatku juga.. kalau ada pohon bambu yg berkumpul kaya gitu.. malah nakutin :D

    indahnyaaa

    BalasHapus
  5. gambar 1 dan 2 kayak sering lihat, seperti backround nikahan teman saya kalau nggak salah...

    BalasHapus
  6. pohonya mendukung sekali untuk wisata karena daunya hanya ada di ujung pohon, jadi mudah diatur,.. tidak seperti bambu indonesia yang gondrong2,.. :D

    BalasHapus
  7. Semoga bisa kesituuu.ma pcr 😙😙😙

    BalasHapus