Minggu, 12 Februari 2017

Holloway, Rute Jalur Cekung Kuno Agak Seram di Eropa

Advertisement
Amazing Sphere - Holloway, Rute Jalur Cekung Kuno Agak Seram di Eropa

Sebuah jalur rute yang tampil seperti parit besar yang dikeruk di atas tanah atau terowongan yang dibersihkan melalui hutan yang merupakan rute jalur kuno ini disebut Holloways atau jalur cekung yang ditemukan di seluruh pedesaan di Eropa.

Pada awalnya, jalur ini bukanlah tanah yang cekung, hanya tanah datar biasa, namun selama berabad-abad, setelah sering dilalui oleh jutaan kaki orang yang melewatinya dalam menempuh perjalanan, rute ini pun lama-lama menjadi terkikis dan menciptakan jalur parit yang amat dalam dengan pemandangan alam sekitarnya, dan seolah diapit tembok tanah disebelah kanan dan kiri.

Baca Juga:

Holloway, Rute Jalur Cekung Kuno Agak Seram di Eropa

Karena bentuknya yang memang seperti parit besar, jalan raya kuno ini pun tidak sedikit menjadi saluran air sementara saat musim hujan, yang pada akhirnya membuatnya menjadi jauh lebih dalam dan semakin melebar membentuk lanskap permanen. Yang terlihat mirip seperti ngarai.

Holloways hanya ditemukan di daerah-daerah di mana memiliki tanah yang lunak, seperti kapur dan batu pasir yang ada di kabupaten Inggris selatan, misalnya. Daerah dari Dorset, khususnya.

Holloway, Rute Jalur Cekung Kuno Agak Seram di Eropa

Holloway, Rute Jalur Cekung Kuno Agak Seram di Eropa

Holloway juga terbentuk dalam satu atau dua dekade yang lalu, seperti bukti yang terlihat dari jejak orang-orang kuno di sepanjang Oregon yang lelah berpindah tempat dengan gerobak mereka yang melintasi Amerika Utara melewati Eropa kuno yang beberapa diantaranya merujuk ke masa jaman Romawi dan jaman Besi. Sementara jalur cekung lainnya masih terlihat baru, hanya beberapa ratus tahun yang lalu usianya.

Holloway, Rute Jalur Cekung Kuno Agak Seram di Eropa

Holloway, Rute Jalur Cekung Kuno Agak Seram di Eropa

Selama Perang Dunia Kedua, beberapa jalur parit ini terbentuk secara alami, bukan terbentuk karena jejak manusia yang melewatinya, tapi sudah ada karena alam yang membentuknya. Jalur ini diantaranya seperti Sunken Lane di Beaumont Hamel, Prancis, yang digunakan sebagai tempat penampungan atau poin pertahanan yang kuat. Kebanyakan Holloways terlalu sempit untuk digunakan dimasa kini, namun ada juga yang digunakan untuk lalu lintas pejalan kaki dan beberapa yang cukup lebar bisa dilewati oleh satu kendaraan masih digunakan sampai sekarang.

Satu hal yang pasti, melewati jalur cekung ini sendirian, pastinya akan terasa menakutkan. Apalagi jika di malam hari. Tapi, untuk jalan-jalan berwisata bareng, tempat seperti ini juga bagus untuk dikunjungi.

Sumber Bacaan

0 komentar:

Posting Komentar